Sabtu, 26 November 2011

Who am I?











Who Am I ?

Mungkin banyak tanggapan dari orang lain, jika ditanya mengenai siapa dan bagaimana diri mereka. Jika saya ditanya mengenai siapakah diri saya, saya akan menjawabnya, seperti mahasiswa pada umumnya kesibukan saya yaitu kuliah, mengerjakan tugas, berorganisasi dan sebagainya, namun selain hal tersebut kesibukan saya adalah guru modelling anak-anak di suatu Art Club yang bekerjasama dengan Kompas Gramedia. Suatu keberuntungan bagi saya karena dapat bekerja ssambil kuliah meskipun hanyalah menjadi guru les, setidaknya dapat menambah uang jajan saya. Hal tersebut di atas hanyalah sebuah perkenalan singkat dan umum, namun bagaimanakah dengan karakter diri saya? Siapakah diri saya yang sebenarnya? Saya akan menceritakan seperti apakah diri saya lebih lanjut. Sejak saya lahir hingga dewasa ini, sedikit banyak saya memahami karakter yang ada dalam diri saya. Dari segi kelebihan maupun kekurangan, yang berdampak pada peluang maupun ancaman / gangguan pada diri saya. Kelebihan yang saya punya tidak seberapa menonjol seperti mereka yang pintar bermain musik, pintar berolahraga atau dalam segi lainnya, namun saya sedikit berbakat dalam bidang modelling. Selain itu, jika ditelaah dalam segi soft skill, saya mempunyai kepercayaan diri yang saya rasa cukup baik jika dibandingkan dengan orang lain. Hal tersebut memberikan peluang bagi saya untuk tampil di depan umum dengan cukup baik, dapat perhatian dan tidak mudah grogi. Selain itu menurut saya, saya cukup berani dalam segi apapun kecuali berani dengan orangtua dan Tuhan tentunya. Jika ditelaah dari segi feminin, saya tidak takut cacing, kecoa, cicak, tikus atau hewan lainnya yang menurut kaum hawa menjijikkan dan banyak yang takut dengan hewan-hewan itu. Dalam segi lainnya, saya berani untuk mencoba sesuatu yang baru, meskipun sesuatu itu adalah kegiatan ekstrim, sport atau apapun, setidaknya saya ingin mencobanya, karena saya menyukai tantangan meskipun tantangan cukup berat saya ingin mencobanya. Saya juga berani dalam mengemukakan apapun yang ada di pikiran saya, usul, sanggahan atau apapun. Hal ini memberikan peluang bagi saya untuk berorganisasi, memperluas pertemanan, dan mengikuti segala kegiatan dengan baik. Hal lebih lain yang saya miliki adalah, terbuka. Saya selalu membagi apa pikiran dan isi hati ke teman-teman atau keluarga tergantung aspek apa yang saya bagikan. Hal ini memberikan keuntungan bagi saya yaitu jarang sekali ada kesalahpahaman dengan keluarga ataupun teman-teman karena saya selalu bercerita sesungguhnya kepada mereka, dan orangtua memberikan kepercayaan seutuhnya sehingga mereka memberikan kebebasan pada saya untuk menentukan mana yang terbaik bagi diri saya sendiri.Tiap makhluk hidup tentu tidak ada yang sempurna. Satu sisi memiliki kelebihan, tentu saja di sisi lain saya memiliki kelemahan yang memberikan dampak negatif kepada diri saya sendiri. Saya adalah seseorang yang moody atau sikap saya mudah berubah sesuai dengan suasana hati yang mudah berubah, mudah emosi, hal ini memberikan dampak negatif bagi saya yaitu mengecewakan orang lain , karena di saat saya badmood orang lain kena imbasnya dan terkadang saat saya badmoo energi positif yang ada pada saya serasa habis sehingga yang tersisa hanyalah pikiran negatif dan pesimis. Dan karena sifat saya yang moody itu, seringkali saya egois dan berbicara dengan nada tinggi, hal itu menjadi boomerang bagi saya, karena setelah mood membaik saya jadi menyesal karena telah berbicara tidak enak dengan orang lain.Selain itu saya adalah orang yang cepat tanggap namun terkadang saya terlalu tergesa-gesa dan mudah panik. Sebenarnya menurut saya cepat tanggap adalah hal yang baik karena jika ada sesuatu saya langsung mengerjakannya, tapi di sisi lainnya sikap cepat tanggap itu tidak baik jika dilakukannya secara tergesa-gesa, karena hasil yang didapat menjadi kurang memuaskan dan tidak sesuai dengan harapan. Kelemahan lainnya yang saya punya adalah terlalu menyibukkan diri, Yang dimaksud disini adalah seperti yang sudah saya ceritakan di atas bahwa saya adalah seseorang yang senang mencoba hal baru, sehingga jika ada hal baru atau kegiatan yang baru pasti saya ingin mengikutinya, hal tersebut baik bukan?Namun, terkadang kegiatan yang saya ikuti terlalu banyak sehingga saya sendiri bingung mengatur jadwal yang terlalu padat karena terkadang jadwal kedua/lebih kegiatan itu saling berbenturan sehhingga saya harus meninggalkan salah satu kegiatan yang saya ikuti. Tindakan saya yaitu melewatkan kegiatan yang saya lewatkan karena berbenturan dengan jadwal lain menimbulkan dampak terhadap kegiatan-kegiatan yang saya ikuti yaitu tak satupun kegiatan itu berjalan dengan maksimal, karena terlalu banyak jadwal yang harus saya ikuti sehingga saya tidak fokus dalam mengikuti kegiatan. Oleh karena itu saya butuh pelatihan untuk mengatur jadwal, memilih sebuah prioritas utama, menjadi mahasiswa yang sukses mengatur diri sendiri. Jadi menurut saya LKMM pra-TD ini sangat penting dan bermanfaat, saya mengharapkan mendapatkan motivasi dari acara ini. Demikianlah diri saya dari penilaian saya sendiri, mungkin masih banyak kelebihan san kekurangan yang saya miliki yang tidak sempat tertulis dalam esai ini, saya juga butuh penilaian dari orang lain, serta kritik dan saran dari sikap saya, kurang lebihnya saya mohon maaf, Sekian dan terima kasih.

1 komentar:

Rachmat Arif mengatakan...

Super sekali mbak ini...

Salut dengan kamu nyit.

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management