Sabtu, 19 November 2011

IA MENGUBAH CARA BERFIKIRNYA DAN MENCIPTAKAN SEMANGAT BARU


Seorang lelaki bertanya pada saya bahwa ia menghadapi masalah yang terlampau banyaknya, "kamu bukanlah satu-satunya orang yang menghadapi hal semacam itu" jawab saya sambil mengingat kejadian-kejadian yang saya lalui.

Kebanyakan orang berpikir akan hal-hal yang akhirnya akan memberatkan beban mereka sendiri. Hal ini terbukti dari laki-laki tersebut. Dia adalah seorang yang senang melakukan pekerjaan yang serba positif, agaknya dia belum bisa mempertahankan batas ketahanannya dalam ruang lingkup tertentu. Karena ilham memang kadang-kadang merosot, kegembiraan hidup berkurang, tenaga dan semangat menurun. Proses turun naiknya semangat hidup harus di imbangi dengan sikap mental yang positif. Ketika kondisi mental sedang berada pada taraf yang tinggi, maka hasil usaha penjualan barang-barang meningkat, akan tetapi apabila semangatnya merosot maka keadaanusahanya akan mundur,ya gambarannya seperti itu.

Keadaan turun-naik, maju-mundur, dalam usaha digambarkan sebagai sesuatu yang sangat mengganggu jalan usahanya. Disarankan agar dia mengubah jalan berpikirnya. Menurut saya kesulitannya terletak pada sistem keseimbangan emosi dan intelektualnya. Dan menganjurkan dia " memperbaharui cara berpikir " itu. Saran tersebut saya berikan karena kenyataannya "merosotnya" semangat dan gairah hidup itu justru karena sikap kaku pada mental orang itu.

Beberapa waktu kemudian, ia memandang sejenak padaku lalu berkata bahwa ia telah menemukan empat prinsip untuk mencegah kemunduran semangat itu, yakni:

  1. Sepanjang waktu terus menerus-menerus mempertahankan sikap bertahan diri itu.
  2. Saya harus melatih jiwa supaya bisa menjamin kelanjutan sikap yang teguh, baik dalam masa senang maupun susah.
  3. Saya harus senantiasa memperbaharui jalan pikiran saya.
  4. Dan harus yakin betul bahwa tidak ada sesuatu apa pun yang bisa lagi menggoyahkan pendirian saya yang teguh.

Tentu saja, empat prinsip yang dikemukakan ini hasilnya sangat efektif bagi pembentukan watak orang tersebut dan bagi kalian semua.

5 komentar:

ridho zulandra mengatakan...

nice inpo gan..
bisa ane terapkn

Aldo K. Wachyudi mengatakan...

Hmm coba baca buku2 John C. Maxwell git, banyak tips2 kaya ginian :D

birgitta 5211100032 mengatakan...

@ridho haha,, beneran lo diterapin, aku liat hasilnyaa :p

birgitta 5211100032 mengatakan...

@aldo pinjemin bukunyaaa :3

Rachmat Arif mengatakan...

sipp.. sipp..

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management