Sabtu, 12 November 2011

TOP MOVIE REVIEW


Yangberjuang mengentas kemiskinan dan dosa ,
Terhambatbirokrasi yang tak reda,
Yangberjuang turun ke jalan,
Malahdiolok dan dicekal.
Yangmemegang kekuasaan,
Dudukmanis di singgasana
Alangkah lucunya negeri ini






Sebuah kutipan singkat yang mengutarakan keadaan bangsa ini. Manakahyang menjadi peran kita? Yang merasa tersingkirkan ? Yang turun ke jalanmemperjuangkan nasib rakyat? atau malahyang hanya diam apatis dan hanya mementingkan diri sendiri? Hanya diri kitasendiri yang tahu dan sadar untuk mengubahnya dengan membuka mata dan telingayang sudah lama tertutup, membuka mulut yang sudah lama terbungkam dan membukahati yang telah beku.
“Alangkah lucunya negeri ini”adalah sebuah film komedi pendidikan yang mengisahkan tentang keadaan bangsa Indonesia saat ini, yangdapat menggugah hati dan pikiran kita agar lebih peduli tentang nasib rakyat,dan bangsa Indonesia. Film yang disutradarai oleh Deddy Mizwar ini mengangkattema kebangsaan yang menarik dan humoris sehingga tidak membosankan danmenggugah semangat nasionalisme.
Aktor kondang Reza Rahardianmenjadi tokoh utama dalam film ini, berperan sebagai Muluk, seorang lulusanSarjana Manajemen yang tak kunjungmendapatkan pekerjaan. Pertemuan Muluk dengan Komet, bocah pencopet pasar takdisangka membuka peluang usaha bagi Muluk.
Mulukmenemukan ide untuk mengadakan kerjasama bisnis dengansekumpulan anak-anak pencopet yang secara tidak langsung mengubah hidup mereka.Muluk meyakinkan Jarot, bos pencopetuntuk mengelola keuangan para pencopet , tak hanya itu dengan gigih Muluk mengajak dua rekan sarjana nya untuk memberi pendidikan kepada mereka dan berusahamenjauhkan mereka dari dosa dengan memberi alternatif pekerjaan lain yaitupedagang asongan.
Sungguh muliakeinginan Muluk dan teman-temannya untuk mengubah hidup para pancopet itu,namun apa yang bisa dilakukan ketika orangtua mereka tahu yang menggajimereka pencopet? Apa yang bisa dilakukanketika hasil usaha mereka terhambat birokrasi pemerintahan? Mencopet itu dosa,bukan? Apa mengasong itu salah? Mengapa mereka malah dikejar dan ditangkaphanya karena mencari uang untuk sesuap nasi? Lalu bagaimana dengan merebaknyapemerintah yang melakukan korupsi?
Film ini berhasilmenusuk begitu banyak hal, mulai dari korupsi yang merajalela di Indonesia,kemiskinan dan pentingnya pendidikan tanpa berbelit-belit dan mengkotbahi. Filmini memberikan sebuah harapan, bahwa ada sesuatu yang baik di dunia ini layakuntuk diperjuangkan. Film ini bertujuan besar namun menurut saya, sedikit tidakpantas ketika berakhir dengan sebuah slide yang bertuliskan kutipan ayatkonstitusi.
Secara umum, film inibagus dan bernilai di setiap detik yang anda habiskan. Memberikan makna disetiap detik film diputar. Memberikan angin segar bagi mereka yang menginginkankualitas dan hiburan dalam satu paket.

3 komentar:

Leonika Sari mengatakan...

Indonesia memang membutuhkan film-film berkualitas seperti ini, g kayak film horror yang gak jelas

birgitta 5211100032 mengatakan...

setuju dehh,, film beginian bagus, tapi cm sedikit orang yang sadar --

Rachmat Arif mengatakan...

sipp.. 2 jempol dah buat film ini

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management