Minggu, 04 Desember 2011

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika



Sistem Informasi dan teknik Informatika sangat erat kaitannya sehingga terkadang orang salah mengartikan masing-masing dari jurusan ini. Apa sih perbedaannya? padahal sama-sama berbasis teknologi dan informasi namun apa yang menjadi pembedanya sehingga kedua jurusan ini dibedakan. Mari kita pelajari sehingga tidak salah dalam memilih jurusan bagi siswa SMA yang ingin masuk ke perguruan tinggi.

Seperti yang telah disebutkan bahwa keduanya merupakan jurusan dengan basis teknologi dan informasi karena berada dalam satu fakultas yaitu Fakultas Teknologi dan Informasi. Perbedaan nya terletak pada cara implementasi dalam penggunaan teknologi dan informasi itu. Untuk lebih mudah memahaminya kita dapat mengambil contoh penerapan teknologi dalam suatu perusahaan. Jika suatu perusahaan menggunakan teknologi untu kelangsungan perusahaan, maka teknologi itu harus sesuai dengan cara perusahaan ini mengelola bisnis dan mengelola dirinya sendiri. Lulusan Sistem Informasi bertugas memberi kesesuaian dan keseimbangan sehingga teknologi itu dapat sesuai dengan manajemen perusahaan. Jadi, selain dituntut untuk mengerti teknologi , mahasiswa Sistem informasi juga dituntut untuk memahami manajemen, di dalamnya terdapat mata kuliah Sistem Fungsional Bisnis, dll yang mendukung untuk memahami Manajemen perusahaan. Sehingga jika membahas teknologi, mahasiswa sistem Informasi lebih mengarahkan ke arah implementasi dari sebuah teknologi . Sisi lain jika membahas manajemen lebih mengarah pada manajemen praktis, bukan teori yang terlalu mendasar.

jika Sistem Informasi membahas manajemen teknologi, lain halnya dengan tekni informatika. Teknik informatika tidak memandang kesesuaian teknologi dengan manajemen perusahaan, karena teknik informatika hanya membahas teknologinya, seperti membuat program, mengamankan jaringan, data dsb.

Begitulah penjelasan singkat tentang perbedaan teknik informatika dan Sistem Informasi. Semoga dapat membantu pembaca. Jika kurang jelas dapat menulis komen di bawah ini. Saya akan membantu menjelaskan kembali. Terimakasih :)

2 komentar:

Rachmat Arif mengatakan...

Aku juga bingung awalnya tentang perbedaan kedua jurusan ini. Tapi semuanya terjawab saat sudah masuk kuliah dan pengenalan jurusan SI ITS

birgitta 5211100032 mengatakan...

@ariph bener banget riph,, asik kan si,, :)

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management