Jumat, 16 Desember 2011

PUBLIC SPEAKING di SI

Kuliah bukan sekedar kuliah hanya ada di Sistem Informasi ITS. Seperti yang kami dapatkan hari ini, sebuah materi yang tidak biasa ditemukan di ITS. Dalam sebuah kuliah tamu, kami mendapatkan materi Public Speaking dari Mas Dista Nugraha, Head Production of Colors Radio FM dengan Ulin Rostiti dalam kuliah ini kami mendapatkan pengetahuan tentang berkomunikasi yang baik dan benar. Materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

Komunikasi adalah segalanya
Yang dimaksud adalah komunikasi dilakukan untuk menginformasikan sesuatu selain itu untuk menyampaikan apa yang ada dalam benak kita, sehingga pembicara harus menyampaikan dengan tepat agar persepsi penerima informasi tidak salah, oleh karena itu terlebih dahulu pembicara harus mengerti apa yang ingin disampaikan , sehingga jelas dan tidak ambigu

Faktor dalam berkomunikasi
D
alam berkomunikasi dibutuhkan beberapa faktor yaitu komunikator (penyampai informasi), komunikan (penerima informasi) , pesan yang disampaikan, media dalam berkomunikasi, serta feedback ( baik secara langsung maupun tidak langsung)

Seni Komunikasi
Sebuah seni ternyata juga dibutuhkan dalam Komunikasi, yang dimaksud di sini adalah Dalam berkomunikasi, harus bisa menyampaikan dengan nyaman, tidak membosankan. Selain itu Komunikasi bisa jadi sangat mempengaruhi dengan menjadikan sisipositif menjadi menarik dan menjauhkan sisi negatif menjadi sebuah cela

Kendala dalam berkomunikasi
Dalam berkomunikasi ada kendala yang dapat kita hadapi diantaranya adalah
  • Tidak memahimi benar apa yang akan disampaikan
  • Memahami, tetapi tidak mampu menyampaikan
  • Pengendalian diri

Lets do something...!

Meskipun ada kendala yang dapat muncul dalam berkomunikasi. Pembicara harus mencari sebuah cara untuk menyiasati kendala tersebut. Yang dapat dilakukan misalnya adalah berlatih berbicara dengan teman, dengan orang yang baru dikenal, dengan orang tua selain itu dapat praktek pengaruh berkomunikasi menawarkan kue atau barang lainnya.

Demikian sekilas Kuliah Tamu di Sistem Informasi ITS. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management